Jejaring sosial yang viral di Indonesia

Situs Jejaring Sosial atau Social Network sites adalah sebuah media online yang mengizinkan para pengguna (user) untuk membuat Profil atau informasi pribadinya sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi yang dimaksud dapat berupa foto-foto, Video, data pribadi seperti nama, tempat/tanggal lahir, alamat, pendidikan, pekerjaan serta data-data pribadi lainnya. Situs Jejaring Sosial juga mengizinkan penggunanya untuk menuliskan kegiatan-kegiatan sehariannya ataupun berbagi berbagai hal yang dialami atau dirasakannya.

Di Indonesia, mungkin kita hanya mengenal beberapa situs Jejaring Sosial seperti Facebook, Twitter, Path, LinkedIn, Instagram dan Google plus. Namun pada kenyataannya, terdapat ratusan situs jejaring sosial di dunia maya ini dan diantara ratusan situs Jejaring Sosial tersebut, Facebook merupakan situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia dengan pengguna aktifnya sebanyak 1,35 miliar user. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pengguna Facebook terbanyak di  Dunia yaitu menduduki urutan ke-4 dengan penggunanya sekitar 60,3 jiwa. Baca : 10 Negara dengan Pengguna Facebook Terbanyak di Dunia.

Posisi kedua situs jejaring sosial terpopuler di Dunia ini diduduki oleh QZone dengan pengguna aktifnya sekitar 629 juta orang. Qzone adalah situs Jejaring Sosial dari China yang sebagian besar penggunanya adalah warga Negara tersebut. Sedangkan Twitter yang cukup popular di Indonesia hanya menduduki peringkat ke-6 di Dunia.

Daftar 10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia

Berikut ini adalah daftar 10 Situs Jejaring Sosial Terpopuler di Dunia berdasarkan jumlah pengguna aktifnya.

1. Facebook

Jumlah Pengguna Aktif : 1,35 Miliar
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2004
Website : Facebook.com
Peringkat Alexa : 2

Facebook yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini berkantor pusat di Menlo Park Kalifornia dan telah menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) pada tahun 2012 dengan pendapatan US$7,87 Miliar di tahun 2013. Beberapa perusahaan Teknologi yang diakuisi oleh Facebook diantaranya seperti Instagram, Whatsapp, Oculus VR dan PrivateCore.

2. Qzone

Jumlah Pengguna Aktif : 629 Juta
Negara asal : China
Tahun Berdiri : 2005
Website : qzone.qq.com
Peringkat Alexa : 10

Qzone adalah situs Jejaring Sosial yang dibuat oleh perusahaan China yaitu Tencent Holding Limited pada tahun 2005. Meskipun merupakan Jejaring Sosial yang memiliki pengguna aktif terbanyak kedua di dunia, Namun Qzone hanya terkenal di China dengan sebagian besar penggunanya adalah Warga Negara China.

3. Google +

Jumlah Pengguna Aktif : 343 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun diluncurkan : 2011
Website : plus.google.com

Google + atau Google Plus merupakan produk dari perusahaan Raksasa Internet Google Inc yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google Plus merupakan salah satu situs Jejaring sosial yang memiliki perkembangan terpesat, hanya dalam jangka waktu 3 tahun telah berhasil menarik 343 juta pengguna aktif. Hal ini sebenarnya memiliki keterkaitan yang kuat dengan semakin popularnya sistem operasi untuk ponsel yaitu Android dan juga posisi kuat Google dalam Mesin Pencari (Search Engine).

4. LinkedIn

Jumlah Pengguna Aktif : 332 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2003
Website : linkedin.com
Peringkat Alexa : 14

LinkedIn merupakan situs Jejaring Sosial yang berorientasi pada bisnis. Pada umumnya digunakan sebagai jejaring sosial untuk para profesional. LinkedIn yang berkantor pusat di Mountain View Kalifornia ini telah menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2011 dengan pendapatan pada tahun 2013 sebesar US$1,52 Juta. LinkedIn tersedia dalam 20 bahasa dan salah satunya adalah bahasa Indonesia.

5. Instagram

Jumlah Pengguna Aktif : 300 Juta
Negara asal : Amerika Serikat
Tahun Berdiri : 2010
Website : instagram.com
Peringkat Alexa : 30

Instagram adalah situs Jejaring sosial yang memperbolehkan penggunanya untuk mengambil Foto atau Video dan mengolahnya dengan berbagai filter digital kemudian membagikannya

Sumber : http://ilmupengetahuanumum.com/
Editor : AGP

Komentar