Doa Niat Puasa Ramadan, Bahasa Indonesia-Arab dan Maknanya

Satu dari sekian hal penting dari ibadah puasa adalah membaca niat sebelum menunaikan rukun Islam ke 4 untuk pemeluk agama Islam.
Membaca niat (dalam hati) tak hanya dilakukan dengan bahasa Arab, boleh menggunakan bahasa lain asal tak mengubah makna dari niat puasa yang selama ini sering kita dengar.
Jika anda sudah hafal dengan bacaan menggunakan bahasa Arab, alangkah lebih baik diiringi dengan pemahanan arti dari niat itu agar terasa dihati.
Bacaan Doa dalam Bahasa Arab
نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ
Bacaan Doa Niat Puasa Ramadan Bahasa Indonesia
"Nawaitu souma godhin an adaa i, fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa"
Berikut Bacaan, Arti Niat Puasa Ramadan :
"Aku niat puasa esok hari menunaikan kewajiban Ramadan karena Allah Taala."
Dikutip laman NU.online, jika akan berbuka puasa ada doanya yaitu :
اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ
Artinya dari bacaan doa itu adalah :
"Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap."
"Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya."
Puasa secara ahasa diartikan “As-shoum atau As-shiam” lebih kurang berarti al-imsaak (menahan). Tak hanya makan minum tetapi juga terkait dengan hawa nafsu.
Dikutip dari Jombang nu.or.id, ulama fiqih mengungkapkan, puasa berarti menahan dari hal-hal yang membatalkan puasa, disertai niat pada malam harinya, sejak terbitnya fajar shadiq sampai terbenam matahari.
Dikutip Dari : Tribun Jateng
Penulis : AGP

Komentar