Tips Begadang

Waktu tidur normal seseorang adalah 8 jam. Jika kurang dari jam normal, rasa kantuk akan datang lebih awal, jadi BEGADANG sebenarnya bukanlah hal yang BAIK untuk dilakukan.

Namun kadang karena tuntutan kerja atau tugas kuliah membuat sebagian orang harus tetap terjaga sepanjang malam. Berikut ini beberapa tips agar kawan-kawan tetap semangat kerja atau mengerjakan tugas kuliah.

Sebenarnya kuat begadang itu tergantung dari aktivitas apa yang dilakukan, bagi yang memang bekerja di depan komputer atau laptop setiap harinya tentu rata-rata sudah kuat begadang asal ada koneksi internetnya, itu kata teman saya :D.

Ada yang kuat begadang karena sibuk bermain game online, nge-blog dll. Lalu bagaimana dengan mereka yang harus begadang karena ada tugas atau pekerjaan yang harus dilakukan, banyak yang justru tidak kuat begadang untuk mengerjakan hal-hal yang seperti ini.



Jika Anda salah satu kategori diatas atau memang butuh pencerahan agar tetap terjaga sepanjang malam, simak tips berikut ini :

1. Sedia Cemilan dan Minuman

Tentu jika ada cemilan yang bisa dikunyah seperti snack, permen akan membuat kita tetap terjaga sembari mengerjakan sesuatu, tak kalah pentingnya adalah minuman. Minuman yang tepat ? Saya sendiri biasanya minum kopi jika memang harus begadang, dari pengalaman kopi sangat membantu agar tetap terjaga sepanjang malam.


Tapi ingat ada orang yang memang tidak begitu terbiasa minum kopi, malah ada yang langsung hiper-aktif dan jantung tiba-tiba terderup kencang sehabis meminum kopi, sebaiknya untuk orang-orang yang memang tidak biasa minum kopi bisa diganti saja dengan minuman soda atau malah minum air putih asal cukup banyak lebih membantu.

2. Musik

Terdengar simple tapi sangatlah efektik, contohnya saja hampir setiap kali saya dan teman-teman saya jika ingin begadang untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah pasti selalu di temani dengan musik atau lagu-lagu yang disenangi dan selalu membantu untuk tetap terjaga.


Tanpa disadari kadang yang mendengar pun ikutan bernyanyi. Pakai loudspeaker atau headset, tergantung pilihan Anda sendiri selama yang pakai loudspeaker tidak mengganggu tetangga yang sedang tertidur pulas :p.

3. Tidur Sejenak

Jika ada waktu luang di siang hari, sebaiknya tidur sejenak akan sangat membantu menambah energi untuk begadang di malang hari. Jika tugas-tugas yang harus dikerjakan sudah datang lebih awal, yah sebaiknya dikerjakan saja jika ada waktu luang, sehingga tidak harus membuang-buang waktu tidur Anda hanya untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada. Seperti kata bang Roma, begadang boleh saja asal ada perlunya :D.



4. Atur Pola Makan

Jika ingin begadang tapi tidak ingin merasa kantuk, jangan makan berlebihan. Jangankan di siang hari, jika sarapan terlalu banyak di pagi hari justru membuat kantuk datang lebih awal, hal ini sudah sering saya alami semasa sekolah dulu. Inilah kenapa lebih baik sediakan cemilan jika memang ingin begadang, jika rasa lapar sudah datang kan ada yang bisa dipakai untuk menjanggal rasa lapar. Jadi diatur saja pola makan yang sehat, tentu yang paling penting adalah makan sayur-mayur dan buah-buahan. Kebanyakan orang barat kadang hanya makan sayuran saja dimalam hari.




5. Jangan Melakukan Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Betul, memang berolahraga adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat. Namun jika dilakukan secara berlebihan justru membuat tubuh ingin cepat-cepat di re-charge.


Untuk tetap terjaga di malam hari akan sulit dan justru membuat rasa kantuk lebih cepat datang karena energi pada tubuh sudah dikuras lebih awal pada saat berolahraga. Cukup dengan melakukan jogging atau sekedar stretching akan lebih membantu ketimbang berolahraga secara berlebihan.

6. Jangan Memaksakan Diri

Biarpun semua senjata sudah disiapkan, ada saja yang memang tidak bisa menahan rasa kantuk. Ingat, jangan dipaksakan karena pada dasarnya BEGADANG bukanlah hal yang BAIK untuk dilakukan. Setiap orang memiliki batasan masing-masing, jika dipaksakan justru akan membuat tubuh cepat drop dan jatuh sakit. Tuntutan kerja dan tugas memang kadang tidak bisa diajak kompromi, tapi tentu hal-hal tersebut bisa di siasati ketimbang memaksakan diri untuk terus terjaga sepanjang malam. Seperti mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan lebih awal agar selesainya pun bisa lebih awal.

Komentar