Siapkah Bisnis Anda Diwaralabakan?

Mengembangkan bisnis dengan pola waralaba sebetulnya menjadi salah satu cara untuk menaikkan skala usaha atau melakukan ekspansi dengan cara murah tanpa harus mengeluarkan modal besar.
Melalui sistem waralaba, seseorang dapat membuka gerai di berbagai lokasi tanpa harus mengeluarkan modal dan terlibat secara langsung di dalamnya sehingga bisa menjadi passive income, antara lain melalui biaya franchise yang dibayarkan franchisee ataupun penjualan bahan baku.
Ketika bisnis Anda dirasa sudah berkembang dan memiliki sistem, tentunya dapat diwaralabakan kepada orang lain dengan menjual pengalaman, sistem, dan brand yang sudah dikembangkan. Namun, untuk menjadikan bisnis sebagai waralaba, ada beberapa hal yang harus dipenuhi.
Pertama, bisnis tersebut harus sudah terbukti menguntungkan sehingga menarik bagi calon investor. Pembuktian tersebut terlihat dari kesuksesan usahanya dalam kurun waktu minimal lima tahun.
Kedua, harus memiliki sumber daya manusia yang telah berpengalaman. Ketiga, harus memiliki divisi riset dan pengembangan sendiri untuk terus mencari inovasi baru sehingga tidak stagnan dan ditinggal pelanggan.
selain itu, Anda harus memiliki lembaga pelatihan sendiri yang mengajarkan standar operasional perusahaan yang baik dan benar menurut franchisor sehingga kualitas pelayanan dan produk yang diberikan seragam antara satu gerai dengan gerai lainnya.
Tak kalah penting, Anda harus mempunyai sistem IT yang mampu menghubungkan seluruh gerai secara real time sehingga dapat dengan mudah mengontrol perkembangan gerai yang tersebar di seluruh wilayah. (as/dari berbagai sumber)

Komentar