Langkah-langkah Berinvestasi Reksa Dana

Reksa dana saat ini jadi pilihan utama beberapa masyarakat untuk berinvestasi. Kini reksa dana menawarkan kemudahan dalam berinvestasi. Anda dapat memulai berinvestasi dengan nominal mulai dari Rp100.000 saja.
Sebelum melangkah, pahamilah prinsip utama investasi dengan membekali diri dengan informasi selengkap mungkin agar Anda tak menyesal dengan pilihan instrumen investasi. Untuk reksa dana, pertama yang harus Anda ketahui ialah manajer investasi atau biasa disingkat MI.
MI merupakan institusi yang mengelola, menganalisa, dan mengambil keputusan pada investasi yang Anda tanamkan melalui reksa dana. Sedangkan institusi lain yang mengelola reksadana adalah bank kustodian yang fungsinya sebagai penyimpan dana. Sebelum memilih, sebaiknya kumpulkan banyak informasi. Lalu pilih yang sekiranya nyaman dan memudahkan bagi Anda. Ada MI yang menjual langsung produk reksa dana. Ada pula MI yang menjual produk dengan mengandeng perbankan.
Pilihlah MI yang memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi Anda. Namun sebelum memilih, perhatikan juga prospektus serta laporan kinerja produk dari setiap MI. Anda bisa mendapatkan informasinya melalui berbagai media seperti surat kabar atau website resmi institusi tersebut.
Setelah memilih MI, kemudian Anda akan memilih dan membeli produk. Apapun pilihan MI Anda, tanyakan dengan detail produknya, dan bagaimana kinerjanya. Sebagai prosedur pembelian produk, biasanya Anda akan diminta mengisi formulir pembukaan rekening dan formulir pembelian produk. Lalu dokumen asli pembukaan rekening dan pembelian produk ini dikirimkan ke MI.
Untuk membantu Anda memilih produk, lihat juga Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang tertera dalam laporan kinerja produk di berbagai media termasuk surat kabar. NAB merupakan indikator untuk menentukan harga beli maupun harga jual dari setiap unit penyertaan reksadana. NAB menjadi penting diketahui karena beberapa produk reksadana bersifat likuid dan bisa dijualbelikan kapan saja. Namun ada juga produk yang dijual dalam waktu khusus. Pilihan produk reksadana kembali kepada tujuan awal Anda berinvestasi, apakah jangka pendek atau panjang.
Secara garus besar, terdapat tiga profil investor, yakni investor konservatif, moderat, dan progresif. Berlandaskan ketiga jenis profil investor inilah, Anda bisa membuat jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentu saja, akan lebih memudahkan jika sebagai investor Anda sudah mengetahui dengan jelas tujuan investasi sejak awal. (as/berbagai sumber)

Komentar