Analisis Mendalam Sebelum Memilih Waralaba

Sebelum berinvestasi pada usaha berjenis waralaba, dibutuhkan analisis mendalam agar bisnis yang digeluti tidak berjalan hanya seumur jagung.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi orang yang ingin memulai menggeluti bisnis waralaba. Hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih waralaba, pertama harus mempelajari produk yang dijual dari waralaba tersebut.
Misalnya ingin membuka waralaba ayam goreng, kita survei dulu apakah peminat ayam goreng masih banyak atau tidak. Kita juga bisa menilai tingkat persaingan di lokasi yang akan kita buka. Sudahkan usaha sejenis buka?
Anda juga harus melihat kemampuan pewaralaba untuk menjalankan outlet dalam jumlah banyak. Periksalah, apakah pewaralaba tersebut punya tim manajemen yang kuat seperti tim akuntansi, tim marketing, tim SDM, dan tim pendukung lainnya.
Setelah itu, cek kemampuan pewaralaba dalam menyediakan kelengkapan serta bahan-bahan agar bisnis waralaba tersebut dapat terus berjalan setiap hari.
Tak kalah penting, pastikan waralaba sudah berdiri sedikitnya lima tahun. Sebab, dengan jangka waktu itu waralaba sudah mampu melewati siklus bisnis yang naik-turun.

Komentar